Selasa, 15 Maret 2016

Resep Menghafal Quran dari Juara 1 Hafizh Internasional

Deden Muhammad Makhyaruddin, MA adalah Pemenang Juara 1 Internasional Lomba Tahfizh 30 Juz dan Tafsirnya pada tahun 2011 di Maroko. Ia memberikan resep bagaimana menghafal Al Quran dengan mudah.

Menurut Deden, menghafal Al Quran itu mudah, semudah bernafas. Ia mengibaratkan Al Quran sebagai oksigen dan menghafal Quran bagi seorang mukmin ibarat bernafas.

Ia menegaskan, tidak seorang mukmin kecuali ia adalah penghafal Quran. Sebagaimana tak seorang pun bisa hidup tanpa menghirup oksigen.

Jika untuk motivasi menghafal Deden mengibaratkan Al Quran seperti oksigen, maka untuk cara menghafalnya, ia mengibaratkan Al Quran seperti makanan. Maka cara terbaik adalah makan secara teratur dengan memasukkan sesuap demi sesuap, bukan sekaligus sepiring.

Seperti itulah resep jitu yang diberikannya. Untuk menghafal Al Quran, perlu langkah demi langkah dan dilakukan secara kontinyu. Baik 1 lembar per hari, 1 surat per hari, 1 ayat perhari, bahkan seperempat ayat per hari.

Selain itu, rasa senang menghafal membuat hafalan menjadi kuat dan tidak mudah hilang. Demikian sebagian resep menghafal yang dituturkan Deden, sang juara tahfidz internasional. [Ibnu K/Tarbiyah.net]



Tidak ada komentar:

Posting Komentar